Home » » Cara Verifikasi Komentar OpenID Di Blog

Cara Verifikasi Komentar OpenID Di Blog

Written By Unknown on Wednesday, April 3, 2013 | 8:00 AM

.
Cara Verifikasi Komentar OpenID Di Blog
Z-T Blogsobat pasti tau  Dari sekian banyaknya fitur-fitur baru pada blog, yang satu satu ini patut untuk sobat ketahui mulai dari manfaatnya, pengaruhnya terhadap blog, dll. kali ini saya akan menjelaskan trick cara berkomentar dengan open id di blog yang pastinya untuk mendapatkan backlink dari blog tersebut, menurut Master open id yang belum di setting lalu sobat berkomentar dengan open id di blog seseorang, itu tidak membuahkan backlink, nah loh baru tau kan.. mau caranya..? sebelum beralih ke caranya saya akan menjelaskan dan mendalami tentang open id dahulu.. oke langsung saja..

"OpenID adalah layanan otentikasi bagi pengguna (user) dengan kontrol akses serta sistem desentralisasi standar dan terbuka, sehingga memungkinkan pengguna untuk masuk (login) ke dalam berbagai platform situs pendukung OpenID hanya dengan satu Identitas Digital (ID)." (saya ambil dari wikipedia). Beberapa penyedia layanan OpenID adalah Google, Yahoo, Paypal, AOL dan Microsoft. Account OpenID berbentuk URL, karena Blogger sudah merupakan salah satu provider yang mendukung OpenID maka URL blog yang dibuat di Blogger otomatis akan menjadi account OpenID.

Manfaat Berkomentar Menggunakahan OpenID
Setiap sobat memberikan komentar di blog lain menggunakan OpenID, maka otomatis sobat telah menanamkan URL blog sobat pada bagian komentar blog tersebut benar kan..? Jika blog yang Anda kunjungi adalah blog dengan status dofollow, ini akan mengalirkan back link yang akan mendongkrak Page Rank blog sobat, tentu hal ini akan menguntungkan dari sisi SEO blog.. saya juga yakin pasti sobat juga tau tentang hal ini.. heheee..

Kebanyakan blog tidak menyediakan pilihan Name/URL pada komentar, yang mungkin untuk menghindari banyaknya spam.. ini berarti Admin membatasi ID yang akan digunakan oleh pengunjung dan secara tidak langsung kita tidak bisa menyisipkan link/url pada komentar blog. Masalah ini diatasi dengan menggunakan pilihan komentar openID dengan begitu kita telah menanamkan URL blog kita pada Komentar.

Cara Verifikasi Komentar OpenID di Blog
Perlu sobat ketahui bahwa setiap blog sudah mempunyai ID masing-masing, kita bisa melihatnya pada dashbord mungkin sobat juga sudah tahu dengan cara :
  • Setelan
  • Lainnya
  • OpenID
Pada kasus dibeberapa blog, tidak bisa berkomentar menggunakan pilihan OpenID. Saat berkomentar dengan OpenID selalu muncul peringatan "Your openid Credentials Could Not be Verified" ini pertanda akun OpenID belum di verifikasi, dan kemungkinan juga sobat pernah mengalaminya, nah gimana caranya untuk mem-verifikasi OpenID sobat, nih caranya.. :)
  • masuk ke template
  • Edit HTML (centang Expand Template Widget)
  • CTRL+F lalu cari kode <head>
  • letakan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head> tersebut
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://zhalltrozans.blogspot.com' rel ='openid.delegate'/>

Keterangan :
  1. kode yang warna Orange silahkan sobat ganti dengan URL sobat..
nah setelah sudah di verifikasi maka sobat bisa berkomentar dengan OPEN ID sobat.. hehee :D ,semoga bermanfaat ya tutorialnya untuk soat blogger semuanya,, jangan lupa berkomentar.. :)

51 komentar:


  1. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya
    anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi
    anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada
    waktu saya akan berkunjung lagi.
    ditunggu kunjungan baliknya :D
    jangan lupa Follow back & Commant back ia

    >> http://anggirocker.blogspot.com/ <<

    #Ssama2 maju sama2 untung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhrnya ketemu jg caranya, thanks sobat :)

      Delete
  2. ternyata opne id penting juga, cara pasangnya juga gampang saya kira agak2 rumit. hehe..

    thanks sobat. ^_^

    ReplyDelete
  3. Wihi...
    Izin test langsung ya gan :)

    ReplyDelete
  4. mantap gan info'nya..apakah link ref itu bs lolos w3c validator.?

    ReplyDelete
  5. Mantab, biar gampang dapat backlink nya nihh ya?

    Jangan Lupa Koment Balik Ya...

    ReplyDelete
  6. makasih infonya,Jadi open id harus disetting dulu ternyata. .baru tahu ane

    ReplyDelete
  7. y ni pxa q g bsa..ane coba dlu sob..thax.!

    ReplyDelete
  8. Aku lebih suka pake akun google ketimbang Open ID. Tapi terima kasih telah memberitahu cara verivikasi OpenID

    ReplyDelete
  9. @Restu Nugroho, cukup simple.. hehee

    @Irfan Syahputra, silahkan..

    @agung west, tidak tau sobat..

    @wahyu-only, iya sobat harus di verifikasi dulu..

    ReplyDelete
  10. @Muhammad Fernanda Raihan Fadlika, ya sobat benar sekali karena akun google tidak terindex sebagai spam (jika komentarnya berunsur Spam)

    ReplyDelete
  11. saya udah coba dan trnyata berhasil sobat ..
    thank you yaa :)

    #comment back

    ReplyDelete
  12. saya coba pakai open id di blog ini ya semoga bisa
    thx infonya

    ReplyDelete
  13. coba dulu sudah open id apa belum ya?

    ReplyDelete
  14. @jonarendra, bagus kalau begitu, semoga bermanfaat..

    @cahtekno.com, silahkan dicoba sobat..

    ReplyDelete
  15. thanks infonya , lumayan nih buat dicoba .. soalnya sebagian blog kadang bisa komentnya pake akun google ama open id doang , kan pake open id enak bisa dapet backlink ..

    chkme

    ReplyDelete
  16. ya sobat betul untuk menghindari banyaknya spam.. ,silahkan di verifikasi sobat..

    ReplyDelete
  17. wahh ilmu baru nih,,jadi pngen coba,,thnks sob..

    ReplyDelete
  18. wah saya coba dulu ya gan

    ReplyDelete
  19. balik lagi kesini gra2 lupa verifikasi , abis ganti tamplate haha
    nicepost gan

    ReplyDelete
  20. hahaa.. rupanya ada yang habis ganti template.. :D ,silahkan sobat di verifikasi dulu.. :D

    ReplyDelete
  21. terimakasih gan dari kemarin ane cari2 artikeul in baru nemu hehehe

    ReplyDelete
  22. ane udah bisa gan,nice

    ReplyDelete
  23. kok komentar ane ga bisa muncul sih kenapa???
    kaya gambar dibawah ini gan

    http://prntscr.com/132k2q

    ReplyDelete
  24. maksud dan itu apa ya sobat..? screenshotnya kecil.. :)

    ReplyDelete
  25. kok gak bisa ya gan?.. padahal sudah peripikasi..

    ReplyDelete
  26. nyoba verifikasi lagi gan setelah gnti domain , ternyata bisa kren gaan

    ReplyDelete
  27. Thanks sharingnya, Gan..

    Sekalian ngtes komen pake Open ID

    ReplyDelete
  28. Thanks sob. berhasil nih berkat bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kl begitu.. sama" gan senang bisa membantu.. :)

      Delete
  29. Terima kasih atas infonya. Sudah saya uji coba di blog ini dan ternyata behasil.

    ReplyDelete
  30. Udah jadi nih, sukse pakai openid

    ReplyDelete
  31. Info yang bagus. saya mengalami hal serupa. saya akan coba terapkan diblog saya.

    ReplyDelete
  32. Informasi yang bagus, langsung aku praktekkan, salam blogger

    ReplyDelete
  33. makasi mas
    akan saya coba

    ReplyDelete
  34. Udh saya praktekkan mas :) sekalian penegen nge-test nih udh berfungsi atau blm OpenID ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, silahkan dan ternyata benar" berhasil.. :D

      Delete
  35. saya mengaktifkan openID dengan meta tag bawaan dari blogger sob, btw tengkyu infonya sangat berguna bagi n00b seperti saya :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.

=== RULES ===

1. Dilarang Spam.
2. Dilarang live link.
3. Dilarang nama komentator menggunakan Keyword.
4. Dilarang berkomentar yang seolah memuji (Out Of Topic).
5. Isi komentar relevan dan berkualitas yang berkaitan dengan artikel.

Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.