Home » » Inilah Google Panda

Inilah Google Panda

Written By Unknown on Wednesday, March 20, 2013 | 8:00 AM

.
Inilah Google Panda
Z-T Blog - apa sobat sudah tahu apa itu google panda..? kalau para master pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan ini.. untuk para blogger newbie pasti awalnya bingungkan kenapa ada namanya google panda, dan ada juga yang bertanya.. 'sobat ada tahu tidak apa itu google panda' dan ada apa di balik kata pandanya.. okee langsung saja saya kita bahas mengenai apa itu google panda.. :)

Google panda adalah sebuah program baru Google.inc  yang merupakan sebuah algoritma baru dalam menentukan rangking suatu halaman blog maupun website di halaman hasil pencarian google sesuai dengan kata kunci yang dimasukan kedalam kotak pencarian Google. Algoritma baru google ini dirilis pada bulan februari 2011 lalu.

saya bingung kenapa algoritma ini bisa dinamakan sebagai google panda. ternyata sobat Kata "Panda" itu ternyata diambil dari nama seseorang yaitu Biswanath Panda yang memberikan inspirasi terhadap algoritma terbaru milik Google ini.

Sekarang Sobat sudah mengenal Apa itu google panda. sekarang kita kenali lagi seperti apakah algoritma Google Panda tersebut. Rumus utama dari Google Panda itu sendiri terdapat 2 hal yaitu “Bounce Rate” dan “Time On Site”. Didalam Bounce Rate semakin kecil angka Bounce Rate website atau blog, maka semakin bagus juga nilai website atau blog dimata search engine. lebih jelasnya mengenai kedua rumusan tersebut saya coba menjelaskannya.. :)

1. Bounce Rate
  • Bounce rate artinya Jumlah pengunjung yang datang di blog sobat tetapi langsung kabur karena artikel yang dia cari tidak ditemukan dalam blog yang dituju, jadi jika pengunjung langsung kabur tanpa membuka halaman lain dalam blog kita maka ini akan terhitung sebagai Bounce Rate. Disinilah diperlukan usaha bagaimana caranya agar pengunjung betah tinggal didalam blog kita. Jadi semakin kecil Bounce rate semakin bagus blog kita di mata google Panda. Sebaliknya jika Bounce rate kita semakin tinggi, maksudnya pengunjung membuka banyak halaman posting dalam blog kita, maka blog kesayangan kita juga akan semakin baik di mata google Panda.
2. Time On Site
  • Time On Site tentunya berbanding lurus dengan Bounce Rate yang tinggi. Semakin Tinggi Bounce Rate blog Anda maka waktu yang digunakan pengunjung untuk tetap berada di dalam blog Anda semakin lama. Jadi intinya, semakin lama pengunjung di dalam Blog Anda,  maka blog Anda juga akan sangat disenangi oleh google Panda..

demikian penjelasan mengenai apa itu google panda.. ,semoga sobat mengerti dengan apa yang di tulis di atas.. :D ,saya akan memberikan kesimpulan, kita harus bisa membuat sebuah blog beserta isinya dapat membuat pengunjung blog berlama-lama di blog kita, jadi buatlah konten yang unik dan berkualitas.. ,jangan lupa tinggalkan komentar.. terima kasih.. :)

17 komentar:

  1. Utk mengatasi Bounce Rate, brt sebaiknya kita tdk memakai judul yg "menipu". Judulnya A tp mbahsnya B, langsung kabur deh orgnya... hehe, :)

    ReplyDelete
  2. ya sobat bisa seperti itu, tapi sepertinya jarang melakukan seperti itu, mungkin kebanyakan terjadinya bounce rate adalah artikel yang sama dengan blog lain, dengan kata lain artikel copas..

    ReplyDelete
  3. owh jadi gitu ya gan pantas saja dalam mebuat artikel kita harus membuat minimal 500 kata. ternyata ada hubungan dengan panda ini ya? makasih gan untuk informasinya. jadi tmemang tidak sembarangan dalam menulis artikel. harus benar benar menyiapkan bahan dengan matang

    ReplyDelete
  4. selamat siang sobat ZT..trmkasih atas infonya sobat,,nambah ilmu..
    oya sob,,klu artikel copas kena panda,,bearti semua artikel yg hasil copas bisa ngak ke index ya sob..??

    ReplyDelete
  5. @saro fudin, ya sobat.. keuntungannya itu apa..? keuntungannya adalah kalau kalau artikel kita 500 kata atau lebih kan akan menyita banyak waktu pengunjung untuk baca artikel dari blog kita, dan pastinya akan menghindari keganasan google Panda..

    @dang murganto, kalau copas menurut saya sudah tradisi para blogger, namun menurut saya ada baiknya kalau copas di sarankan di edit lagi beberapa persen, jangan full copas tanpa editan.. ,pastinya ke index sobat..

    ReplyDelete
  6. mangstap gan,,gan buka lg dong komen pakai URL?

    ReplyDelete
  7. kenapa sobat tidak memakai OpenID..? sama saja kan..?

    ReplyDelete
  8. makasih gan tipsnya...
    sangat membatu banget khususnya saya.
    salam kenal dari saya samsoftware-cyber.
    di tunggu kunjungan baliknya Klik Disini

    ReplyDelete
  9. haha.. kungfu panda ... bntar lagi versi iron man tu :D

    ReplyDelete
  10. sebenarnya maskotnya bukan panda yang di kungfu panda sobat, karena agar lebih menarik saja.. hehee..
    . yups mudah-mudahan google meluncurkan kembali algoritma terbarunya dengan nama google ironman.. Hahaha.. :D

    ReplyDelete
  11. @A. Samsul Hidayatullah, ya sobat semoga bisa membantu dan menambah wawasan untuk semuanya..

    ReplyDelete
  12. belom ngerti yang kaya ginian masih newbie om

    ReplyDelete
  13. ya walaupun masih newbie mungkin dengan adanya artikel ini sobat bisa menambah wawasan sobat tentang penjelasan apa itu google panda..

    ReplyDelete
  14. jadi bisa berpengaruh sama serp ya?
    thx infonya

    ReplyDelete
  15. ya sobat berpengaruh dan sangat membantu untuk SERP..
    yups.. sama-sama..

    ReplyDelete
  16. Kalau pengunjung membaca satu artikel dan artikel itu yang ia cari sudah ketemu. Trus kabur apa ya termasuk bonce rate ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini beberapa penyebab terjadinya bounce rate http://zhalltrozans.blogspot.com/2013/04/apa-itu-bounce-rate-dan-penyebabnya.html

      Delete

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.

=== RULES ===

1. Dilarang Spam.
2. Dilarang live link.
3. Dilarang nama komentator menggunakan Keyword.
4. Dilarang berkomentar yang seolah memuji (Out Of Topic).
5. Isi komentar relevan dan berkualitas yang berkaitan dengan artikel.

Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.