Home » » Apa Itu Google Penguin Dan Cara Menghindarinya..?

Apa Itu Google Penguin Dan Cara Menghindarinya..?

Written By Unknown on Sunday, March 24, 2013 | 8:00 AM

.
Apa Itu Google Penguin Dan Cara Menghindarinya..?
Z-T Blog - kemarin saya menjelaskan mengenai apa itu google panda, dan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu google penguin dan cara mengatasinya/menghindarinya... langsung saja deh kita bahas bersama selengkapnya.. :)

Kini Google mengeluarkan Alogaritma Google Terbaru yang disebut dengan Google Penguin yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012 kemarin. Algoritma Google Penguin merupakan algoritma yang dirancang untuk memberikan hukuman kepada situs / blog spam, sedangkan Google Panda berfokus pada konten Blog. Keduanya bekerjasama untuk lebih memperbaiki hasil pencarian Google.

Dengan adanya algoritma ini hasil pencarian pada search engine google akan semakin berkualitas dengan tidak menampilkan situs–situs manipulatif dalam mencapai posisi terbaik di halaman pertama google.

Kenapa semua ini di terapkan? Karena google dan para pengunjung sudah muak dan benci dengan web/blog yang berada di halaman depan google tapi isinya hanya spam, sehingga pengunjung dibuat berputar-putar di blog tersebut.

Selain itu Google merasa mulai kehilangan pengunjung lewat mesin pencarinya, karena menurut para pengunjung hasil cari Google kurang akurat, sehingga mereka mulai berpaling dan menggunakan mesin pencari lain. Untuk itulah Google berusaha untuk membuat mesin pencarinya agar lebih berkualitas lagi dengan mengitegrasikan alogaritma baru pada mesin pencarinya.

Bagaimana cara mengetahui blog terkena Google Pinguin..?
  • salah satu dampak blog terkena Google Pinguin adalah perubahan Statistik Pengunjung yang menurun sangat signifikan, serta hilangnya beberapa index terhadap tulisan blog kita atau bisa juga terjadinya penurunan dari serp blog. Tetapi disamping itu justru ada juga beberapa blog yang malah posisi Serp nya semakin bagus dan trafik makin membaik, kemungkinan blog seperti inilah yang disayangi Google Pinguin.
jadi buat sobat Z-T kalau mempunyai blog hasil copas terutama blog yang Full Copas, maka sebaiknya waspadalah dan segera perbaiki. kalau mau copas lakukanlah sedikit modifikasi minimalnya buatlah kata pembuka yang berbeda dengan sumber asli.

Dan Bagaimana Cara Mengatasi atau Menghindari Google Penguin..?
  • Hindari teks tersembunyi (hidden teks) maupun link tersembunyi (hindden link).
  • Jangan sampai menggunakan tehnik cloaking atau sneaky redirects.
  • Jangan mengirimkan Query otomatis ke Google.
  • Jangan memuat halaman dengan kata kunci yang tidak relevan/sesuai.
  • Jangan membuat halaman, subdomain, atau domain dengan duplikat konten substansial.
  • Jangan membuat halaman dengan perilaku jahat, seperti phishing atau menginstall virus, trojan, atau malware lain.
  • Hindari halaman “doorway” yang dibuat hanya untuk mesin pencari, atau “cookie cutter” pendekatan seperti program afiliasi dengan konten asli sedikit atau tidak ada.
  • Jika situs sobat berpartisipasi dalam program afiliasi, pastikan bahwa situs Anda menambahkan nilai. Menyediakan konten unik dan relevan/sesuai yang memberikan alasan bagi pengguna untuk mengunjungi situs Anda terlebih dahulu.
demikianlah penjelasan mengenai Google penguin, semoga artikel yang ini bisa menambah pengetahuan sobat blogger untuk tidak sembarang memposting artikel.. ,semoga bermanfaat,, jangan lupa berkomantar.. terima kasih.. :)

32 komentar:

  1. owh, jadi google penguin ini memberantas situs2 yg muncul di SEARP paling atas, namun artikelnya gak sesuai dengan artikel yg kita cari..

    okkeke.. jadi tau,
    pernah juga sih menjumpai kayak gitu, sering malah..
    thanks infonya mas bro, semoga program ini benar2 succes,
    visit back, rieztoshare.com thanks ^_^

    ReplyDelete
  2. ya sobat betul sekali.. ,saya juga pernah menjumpai blog seperti itu, yang isi artikelnya tidak sesuai dengan yang saya sedang cari..
    . mungkin yang lainnya juga pernah mengalami seperti itu..

    ReplyDelete
  3. mantep nih Google.. sering banget aku cari artikel misalnya, isinya cuma sampah.. beh, sering kesel dibuatnya.

    Ijin share :
    10kup.com | Cara Baru Baca Berita

    ReplyDelete
  4. iya gan saya setuju. karena memang ketika kita buka internet informasi yang ada di halaman pertama google sebaiknya memang yang relevan dan berkualitas kalau hanya copas dar oralgn lain dan tidak mutu maka hanya akan membuat mals pengujung untuk datang kembali. nice share gan comment back at http://bongkardong.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. mantab gan artikelnya. saya sendiri juga sebel kalau info yang saya cari di web yang ada di halaman pertama google tidak sesuai. langsung cabut dech dari web itu.

    nice share gan. follback anda komen back di http://miw-write.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Owh, gitu ya gan. Kayaknya blog ane kena nih google panda :(

    ReplyDelete
  7. @Muhammad Muchlis, ya sobat google sudah kehabisan kesabaran sampai" memciptakan google penguin.. :D

    @Samiyo Dindin, ya sobat harusnya sangat relevan ya, tindakan google sangat benar" bagus ya..? hehee :D

    @dindin amel, ya sobat saya pernah seperti itu.. urutan pertama tidak selalu benar, untung sekarang ada google penguin,, :)

    @Ninja Blogger, wah harus cepat" di perbaiki sobat..

    ReplyDelete
  8. Nice Info gan, kaya nya harus belajar banyak nih sama agan :D desain blognya keren

    mampir http://khairilwalid.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Google Penguin kereen...

    Semakin semangat untuk memberikan informasi yang berkualitas deh nih

    ReplyDelete
  10. @Khairil Walid, kita belajar sama" ya sobat.. hehee :D

    @Malik, ya sobat itu harus.. :D

    ReplyDelete
  11. maaf ya, saya malah nanya. maklum, masih pemula
    ini, saya masih belum ngerti blog yang spam tu kayak gimana, ciri cirinya gimana?
    makasih infonya

    ReplyDelete
  12. ya sobat gpp kita disini berdiskusi.. :)
    . kalau blog sepengetahuan saya blog spam itu artikel yang hanya berupa gambar saja, isi artikel adalah tulisan bukan gambar / isi artikel yang sedikit yang hanya beberapa paragraf saja.. jelasnya sobat bisa baca dan pahami Google panda dan google penguin ini..

    ReplyDelete
  13. wah semoga saya tidak terkena google penguin ,, blog saya bisa di bilang 80% copas ,, karena blog saya berisi artikel" dan saya ambil info dari yahoo dan setiap kata pembukanya saya ganti dan saya kasih sumber ,, gpp kan gan kalo gitu

    ReplyDelete
  14. ya sobat gpp.
    . menurut saya copas itu sudah hal biasa para blogger kebanyakan untuk mencari artikel yang menarik untuk blognya, tapi INGAT jangan seenaknya mengcopas artikel full atau minimal editlah artikel tersebut sedemikian rupa dari kata"nya.. untuk menghilangkan artikel aslinya tanpa harus merusak makna/maksud dari artikelnya.. :)

    ReplyDelete
  15. Kayak emang bener2 banyak pngalaman nya soal google y gan

    ReplyDelete
  16. gan OOT dikit, saya mau nanya soal Google Sandbox, kenapa ya setiap saya bikin postingan langsung masuk Google Sandbox?
    thank sebelumnya..

    ReplyDelete
  17. Ngeri juga ya Google Penguin tuh, Bisa bisa Abis deh riwayat blog -_-
    Oh yaa.. Ngomong2 Iklan 125x125 Berapa Bang?
    Saya Niat pasang...

    Comment back on http://alvincelebration.blogspot.com/2013/03/cara-cepat-dan-termudah.html

    ReplyDelete
  18. @YoGi VipRe II, maksudnya bagaimana sobat..? hehee

    @Aan Shared, mksudnya publish posting langsung kena google sandbox atau posting yang belum lama langsung kena google sandbox..?

    @Alvin Shisui, ya sobat tapi sangat berguna.. ,maaf sobat saya belum ada rencana untuk jasa pasang iklan. mungkin lain waktu.. :)

    ReplyDelete
  19. iya gan, sehabis saya mempublikasikan artikel, nah artikel nya saya ceck di http://www*searchenginegenie*com/sandbox-checker.htm, ternyata artikel saya masuk goolge Sandbox..

    tapi anehnya, selang 1 ampe 2 hari artikel saya malah masuk halaman pertama goolge..

    apakah mungkin, ini akibat saya me-redirect blog saya yang satunya?

    thank sebelumnya atas masukannya..

    ReplyDelete
  20. waahhh ada google panda ada google penguin..utk menghindari google penguin ternyata gtu ya,,trmkasih sob infonya..
    come back

    ReplyDelete
  21. @Aan Shared, buat apa cek artikel yang baru dipublish di Google Sandbox? Kan baru dipublish, artinya masih fresh dan Google tidak akan memiliki kecurigaan apapun. Kecuali anda punya blog atau artikel yang over optimasi, baru dicek di google sandbox. Google sandbox adalah sebutan untuk penalti Google kepada halaman web yang over optimasi (spam), hukumannya berupa list index dibuang jauh-jauh sampai urutan paling akhir. Google Sandbox checker sekarang juga sudah tidak akurat. Jadi kalo anda tidak over optimasi tidak perlu takut dengan sandbox..

    ReplyDelete
  22. ok gan,
    thank ya atas masukannya. sangat berguna sekali buat saya yang masih pemula..

    sekali lagi, makasih banget mas bro atas penjelasannya...

    ReplyDelete
  23. ya sobat sama" atas kunjungannya.. senang bisa membantu.. sukses selalu sobat..

    ReplyDelete
  24. Ketika saya ketikkan "Cara instal typing master" di pencarian google, artikel saya ada di page no.1 mas, padahal sebelumnya ada di page bawah..
    apa itu artinya blog sy di sayang sama si penguin atau hanya pengaruh artikel yang sudah lama???
    mohon penjelasannya mas..

    ReplyDelete
  25. kalau di hubungkan dengan google penguin bisa saja blog sobat di sayang dengan google penguin kemungkinan di nilai dari pengunjung,tulisan,backlink,heading,attribute,SEO dll yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing sobat dengan artikel "Cara instal typing master"..

    kalau soal pengaruh artikel tersebut yang sudah lama saya rasa tidak mungkin, kenapa..? karena google tidak menganjurkan artikel yang sudah lama langsung ke page no1, pasti ada beberapa faktor yang di sukai google seperti yang tadi saya bilang nilai dari pengunjung,tulisan,,originalnya konten,backlink,heading,attribute,SEO dll

    ReplyDelete
  26. google kebanyak piara hewan nih -..- hahaha :D
    #comment back

    ReplyDelete
  27. Trims infonya gan, saya newbe di blogger.

    ReplyDelete
  28. ya sobat sama". saya juga newbe di blogger.. :D

    ReplyDelete
  29. Bagus untuk Mbah Google, sejak tahun 2010 saya juga males pake google searc, urutan pertama pasti dikuasi oleh spamer. Mogo google search makin memperbaiki diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan.. tingkatkan keamanan google.. tapi harus hati" juga.. :D

      Delete
  30. tehnik cloaking atau sneaky redirects itu gimana yah bang

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.

=== RULES ===

1. Dilarang Spam.
2. Dilarang live link.
3. Dilarang nama komentator menggunakan Keyword.
4. Dilarang berkomentar yang seolah memuji (Out Of Topic).
5. Isi komentar relevan dan berkualitas yang berkaitan dengan artikel.

Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.