Home » » 4 Karakteristik Blog User-Friendly

4 Karakteristik Blog User-Friendly

Written By Unknown on Sunday, April 14, 2013 | 8:00 AM

.
4 Karakteristik Blog User-Friendly
Z-T Blog - Tujuan utama dari setiap situs web atau blog harus menyediakan pengunjung dengan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Terlepas dari apa yang pasar website menargetkan, pendapat pengguna akan memainkan peran besar dalam menentukan tingkat keberhasilan situs. Pengunjung yang memiliki pengalaman positif akan jauh lebih mungkin untuk kembali lagi nanti, lihat teman-teman, mendaftar untuk newsletter, membeli produk, mengajukan pertanyaan tentang layanan, dll.

Ketika mengembangkan sebuah blog/website, keinginan pengguna dan kebutuhan harus selalu berada di garis depan proses pengambilan keputusan. Tidak peduli apa jenis situs web yang Anda jalankan, perlu pengguna-terfokus. Sayangnya, kadang-kadang mudah untuk terjebak dalam proses desain dan pengembangan dan membuat situs yang memenuhi desainer tetapi tidak benar-benar memberikan pengunjung dengan nilai banyak. 

Apa yang membuat situs user-friendly..? berikut 4 karakteristiknya 

1. Kecepatan Loading
4 Karakteristik Blog User-Friendly
Meskipun kecepatan tinggi koneksi internet menjadi lebih dan lebih umum, masih ada sejumlah besar pengguna internet yang ada di koneksi lambat dial-up. Bahkan dengan koneksi berkecepatan tinggi hanya beberapa halaman tidak memuat sangat cepat. Sebagian besar pengunjung Anda akan cukup sabar dan halaman yang beban perlahan-lahan bisa mengejar mereka pergi. Setidaknya, kali loading lambat akan mengurangi jumlah halaman yang mereka akan kunjungi di situs Anda. Mengetahui audiens situs Anda benar-benar dapat membantu untuk mengetahui bagaimana halaman Anda harus dirancang. Sebuah program seperti Google Analytics akan menunjukkan persentase pengunjung Anda yang menggunakan koneksi internet yang berbeda. Berdasarkan angka yang Anda bisa mendapatkan ide yang baik dari apa jenis dampak kecepatan buka halaman akan memiliki pada audiens Anda secara keseluruhan. Jika situs Anda menarik persentase yang tinggi dari pengguna dengan koneksi dial-up, Anda harus yakin untuk menjaga loading halaman secepat mungkin. Jika persentase yang sangat tinggi dari pengunjung menggunakan koneksi berkecepatan tinggi, Anda mungkin dapat menambahkan elemen tambahan untuk halaman Anda. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu beban halaman, termasuk jumlah dan ukuran gambar, item tambahan seperti flash, jumlah kode berlebih (misalnya, merancang dengan layout berbasis tabel bukan CSS), dan ukuran halaman Anda.

2. Aksesibilitas
4 Karakteristik Blog User-Friendly
Jika seseorang tidak dapat menggunakan atau mengakses situs Web Anda tidak melayani tujuan bagi pengunjung itu. Aksesibilitas website telah menjadi prioritas besar bagi desainer dan pengembang dalam beberapa tahun terakhir, namun masih ada jalan panjang untuk pergi. Bahkan perusahaan besar telah berjuang untuk mencapai aksesibilitas lengkap. Target bahkan digugat atas aksesibilitas situs untuk orang cacat. Beberapa hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan aksesibilitas situs Anda termasuk menggunakan tag alt untuk semua gambar, menggunakan HTML dan CSS yang valid coding, hindari frame, dan memungkinkan teks yang akan kembali berukuran oleh pengunjung.


3. Navigasi
4 Karakteristik Blog User-Friendly
Semua pengguna ingin dapat bergerak melalui website untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Faktor yang sangat besar untuk user-friendly menyediakan navigasi yang sederhana dan intuitif. Bidang utama navigasi harus ditempatkan secara konsisten pada semua halaman. Menggunakan elemen umum bahwa pengguna berharap untuk menemukan, seperti Tentang halaman dan Contactpages akan membantu sebagai pengguna internet paling telah datang ke harapkan mereka dan akan mencari mereka di kali. Sebagai aturan umum praktis adalah bahwa setiap halaman di situs Anda harus dapat dicapai dengan 2 klik dari halaman rumah Anda. Untuk situs yang lebih besar ini mungkin tidak realistis, namun menawarkan sitemap dan / atau pencarian seluruh situs benar-benar dapat membantu. Faktor lain yang penting dengan navigasi adalah bahwa pengguna tidak harus menebak di mana mereka akan berakhir jika mereka mengklik pada link. Terlepas dari apakah link adalah bagian dari menu navigasi, atau jika itu hanya dalam tubuh teks, pengunjung harus memahami mana link yang akan memimpin mereka. 

4. Informasi
4 Karakteristik Blog User-Friendly
Pengunjung yang datang ke situs Anda karena suatu alasan. Apapun alasan yang mungkin, Anda ingin memberikan mereka dengan apa yang mereka cari. Apakah mereka datang untuk mencari informasi dasar tentang layanan bisnis Anda '? Apakah mereka datang untuk membaca artikel-artikel mendalam tentang topik tertentu..? Apapun yang mungkin terjadi, informasi bahwa website Anda perlu menyediakan cukup memenuhi harapan pengunjung. Sebuah blog seperti ini akan perlu untuk memberikan pembaca dengan besar, artikel wawasan dalam rangka memuaskan pengunjung. Website restoran mungkin perlu memberikan jam operasi dan menu dalam rangka memuaskan pengunjung. Jelas, setiap situasi berbeda. Dalam rangka untuk memiliki website user-friendly Anda perlu mengantisipasi apa yang pengunjung akan berharap untuk menemukan di situs Anda, dan kemudian meletakkannya tepat di depan mereka.

Source

29 komentar:

  1. makasih sob, infonya..
    klo mnrut kak admin z-t blog, blog saya giamana???

    ReplyDelete
  2. Thank gan...ni info sngat brmanfaat.!

    ReplyDelete
  3. @Restu Nugroho, cukup user friendly.. :D

    ReplyDelete
  4. valid coding dan hindari frame itu maksudnya gimana ya mas.?
    gak ngerti ane :3

    ReplyDelete
  5. ane kirain ane udah jadi user friendly

    ReplyDelete
  6. valid Html5 sobat. walaupun blog ini juga tidak valid Html5.. :D
    . kalau Frame,, biasanya ada di beberapa widget yang mengandung/bertuliskan kode IFrame ,sobat bisa cek di blog dengan CTRL+F

    ReplyDelete
  7. hmm kira" blog saya udah user friendly blum yaa? :/

    ReplyDelete
  8. bener banget mas..hehe

    ReplyDelete
  9. dilihat 4 karakteristik yang di sediakan.. :D

    ReplyDelete
  10. wah nambah wawasan seputar blog nih gan ,, kalo menurut agan blog saya sudah user friendly atau belum ?

    ReplyDelete
  11. @Bahar Watanabe, kalau sudah memenuhi kriteria pasti sudah user friendly.. :D

    @Gery Wahyu, yups untuk menjadi user friendly..

    ReplyDelete
  12. thanks for your advice...
    this very usefull for all blogger...

    visit back
    http://tutorials07.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. informasi yang konstruktif memberikan nilai lebih kepada pembacanya...

    ReplyDelete
  14. thanks infonya gan..
    Tapi yang dimkasud dengan navigasi sama ga sie dengan menu dropdown pada blog gan?
    Maklum newbie.
    Salam persahabatan.

    ReplyDelete
  15. blog ini sudah userfrienly menurut saya
    karena informasinya sangat bermanfaat bagi saya

    coment back ya

    ReplyDelete
  16. sama sobat, cuma kalau dropdown ada link lagi, contohnya menu navigasi Profil di blog ini, jika di sorot akan muncul link lagi ke bawah isinya facebook,twitter,google+
    .
    tapi sayangnya blog ini tidak memakai menu dropdown.. :)

    ReplyDelete
  17. wah itu sih ciri-ciri ane banget gan wkwk #Pede

    ReplyDelete
  18. Thanks for the info guys ! ;D

    I hope you wil become a success blogger

    ReplyDelete
  19. Keren mas artikelnya,
    Kira-kira blog saya termasuk gak yah :)

    ReplyDelete
  20. sudah user friendly sobat.. :D

    ReplyDelete
  21. Wah,lengkap dan jitu artikelnya,
    Pengen coba neh,tapi blog saya perhari cuman 500 visitor
    jadi blum menggapai cita2 kaya d atas..
    Comback http://www.alvincelebration.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. terus berusaha sobat, pasti bisa.. :)

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah cukup membantu dalam mendatangkan visitor gan

    comeback

    ReplyDelete
  24. 1x lg ane mau nanya apakah histat itu iframe/frame? soalnya kalo bukak histat paling ganggu

    comeback

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gan, kl iframe tagnya kurang lebih seperti ini <iframe

      Delete

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.

=== RULES ===

1. Dilarang Spam.
2. Dilarang live link.
3. Dilarang nama komentator menggunakan Keyword.
4. Dilarang berkomentar yang seolah memuji (Out Of Topic).
5. Isi komentar relevan dan berkualitas yang berkaitan dengan artikel.

Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.